Pages

Pengikut

Sabtu, 08 Desember 2012

tentang lidah kita

  • Tinggi Gunung Seribu Janji


    Memang Lidah Tak Bertulang
    Tak Berbekas Kata-kata
    Tinggi Gunung Seribu Janji
    Lain Di Bibir Lain Di Hati

    aku Pergi Tak Kan Lama
    Hanya Satu Hari Saja
    Seribu Tahun Tak Lama
    Hanya Sekejap Saja
    Kita Kan Berjumpa Pula

    Oh Seribu Tahun Tak Lama
    Hanya Sekejap Saja
                                                                                                      Kita Kan Berjumpa Pula




    Cara Mengetahui Lidah Yang Sehat


    Warna Lidah Yang SehatLidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara dan Juga membantu membolak-balik makanan dalam mulut.
    Lidah merupakan massa jaringan pengikat otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa. Membran mukosa melekat erat pada otot karena jaringan penyambung lamina propia menembus ke dalam ruang-ruang antar berkas-berkas otot. Pada bagian bawah lidah membran mukosanya halus.
    Bagaimana cara membedakan lidah yang sehat dengan yang tidak sehat?. Pertanyaan ini sering di kemukakan bagi orang-orang yang lidahnya pernah bermasalah, membedakan lidah yang sehat dengan yang tidak sehat bisa dilihat dari warna lidah tersebut. Biasanya warna lidah normal adalah pink.
    Bila lidah berubah warna seperti di bawah ini kemungkinan menderita beberapa penyakit :
    1.   Lidah Putih.
    Orang yang lidahnya berwarna putih biasanya tampak pada penderita tipus, orang yang pencernaannya terganggu, gejala influenza, atau kurang darah. Jika lidah putih tipis tipis, itu kekurangan darah.
    Jika warna lidah pucat dan lembab seperti lapisan lemak, tanda kedinginan/ gejala influenza. Jika lidah putih tebal, adalah salah satu gejala penyakit kelamin.
    2.   Lidah Merah.
    Lidah berwarna dari lidah normal sedikit merah, merah cerah lebih buruk, menunjukkan pasien menderita panas.  Bila warna merah sedikit kekuningan, menunjukkan demam tinggi.  Hanya bagian sisi yang merah atau lidah ditutupi titik titik merah, harus periksa liver pasien.  Warna lidah merah cerah, lidah seperti berlumut atau retak, adalah sindrom panas. Lidah merah yang terasa sangat kering, untuk tanda-tanda dehidrasi. Lidah ungu kemerahan menunjukkan adanya luka dalam atau luka pada perut.
    3.   Lidah ungu.
    Lidah ungu menunjukkan pasien menderita demam dan kelainan darah atau peredaran darah yang tidak lancar. Jika seluruh lidah ungu, menunjukkan sangat panas pada organ dalam. Lidah berbintik ungu, harus memeriksa liver (hati) pasien.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar